H-3 Jelang Idul Adha Penjualan Kambing Di Ngajuk Ramai Dikunjungi Pembeli

 

 

NGANJUK | Updatenewstv.co.id – Mendekati Hari Raya Idul Adha tahun 1443 hijriah yang akan dilaksanakan beberapa hari mendatang, penjualan hewan qurban terutama kambing di Kabupaten Ngajuk mengalami peningkatan. Peningkatan ini salah satunya justru di picu wabah penyakit mulut dan kuku yang banyak menyerang sapi jika dibandingkan kambing. Akibatnya, banyak para pembeli yang memilih hewan kambing sebagai alternatif qurban tahun ini.

Tiga hari menjelang perayaan Idul Adha 1443 Hijriyah, penjualan hewan kurban di Kabupaten Ngajuk mulai ramai dikunjungi para pembeli. Seperti yang terpantau di sepanjang jalan raya Ngajuk – Kediri, tepatnya di desa patihan Kecamatan Loceret Kabupaten Ngajuk ini. Terlihat, para pembeli sedang melakukan negosiasi dengan penjual hewan qurban.

Menurut pedagang, kenaikan pembelian terjadi dalam kurun waktu dua hari terakhir. Salah satu pedagang hewan kurban yang merasakan dampaknya adalah Wito, pedagang hewan kurban dadakan yang berada di tepi jalan ini.

Dalam dua hari terakhir, ia telah mampu menjual sebanyak 25 ekor kambing, kenaikan ini terbilang tinggi jika dibanding tahun lalu. Sebab, tahun lalu jelang seminggu terakhir, ia hanya mampu menjual 10 ekor kambing. Harganya pun bervariasi, mulai dari 2.5 juta rupiah hingga 5 juta rupiah per ekor.

Wito salah satu pedagang kambing mengatakan, peningkatan penjualan hewan kambing ini, disebabkan wabah penyakit mulut dan kuku yang terjadi pada hewan ternak di dominasi oleh hewan sapi dibandingkan kambing. Sehingga, para pembeli lebih memilih kambing untuk dijadikan hewan kurban di tahun ini.

Sementara itu, Junet salah satu pembeli hewan qurban mengaku, awalnya hendak membeli sapi untuk dijadikan hewan kurban. Namun, setelah mendapat informasi di media massa, bahwa penyakit mulut dan kuku tidak berbahaya bagi manusia, ia pun akhirnya tetap melaksanakan qurban di tahun ini. Ia menyebut, sengaja memilih kambing untuk qurban lantaran  lebih tahan penyakit dibandingkan sapi.

Melihat peningkatan yang signifikan, para pedagang memprediksi, penjualan kambing untuk hewan qurban, akan terus mengalami peningkatan saat mendekati Hari Haya Idul Adha nanti.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *