Muskerwil NU Jatim Berlangsung Meriah & Banyak Dihadiri Pejabat

 

Nganjuk | Updatenewstv – Musyawarah Kerja Wilayah (Muskerwil) Nahdlatul Ulama (NU) Jatim dibuka di Pondok Pesantren Mojosari, Loceret Nganjuk Sabtu (24/12/2022). Tak hanya para kyai dan jajaran PWNU Jatim, namun berbagai pejabat pun turut hadir dalam pembukaan tersebut.

Turut hadir antara lain yaitu Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Wagub Jatim Emil Dardak, Mendag Zulkifli Hasan, Menpan RB Abdullah Azwar Anas, dan Plt Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi. Lalu ada pula Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar, Rais Syuriah PWNU Jatim KH Anwar Mashur, Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar, serta para kiai lainnya.

“Ini bukan soal politik. Keputusan dari NU ini kan menyangkut semuanya. Jadi harus dikomunikasikan dengan banyak pihak,” ujar Ketua PWNU Jatim KH Marzuki Mustamar.

Menurut KH Marzuki Mustamar, keberadaan muskerwil ini memang menjadi sebuah amanat dari organisasi. Setahun sebelum masa khidmat berakhir, sudah harus ada Muskerwil yang kedua. Untuk evaluasi mana saja amanat Konferwil yang belum terlaksana.

“Seperti juga kebijakan mana saja yang perlu dibatalkan karena sudah tidak update ini juga akan diputuskan dalam Muskerwil,” sambungnya.

Termasuk dengan fenomena dan masalah baru yang muncul belakangan ini juga akan menjadi salah satu perhatian dalam Muskerwil. Mulai dari isu kesehatan, pendidikan, hingga sosial masyarakat tak akan lepas dari pengamatan jajaran PWNU Jatim.

“Semua yang menyangkut Jatim. Kerawanan sosialnya begini, mulai ada anarko, gangster di Surabaya. Mungkin juga masih ada sisa-sisa terorisme,” jelas Kiai Marzuki.

Dengan itu berbekal itu semua, pihaknya akan memutuskan arah kebijakan yang terbaik seperti apa. Nantinya semua akan dikomunikasikan dengan seluruh pihak terkait.


Sementara itu, kehadiran para pejabat juga menjadi warna tersendiri dalam Muskerwil tersebut. Seperti halnya kedatangan Gubernur Khofifah yang menjadi magnet bagi para Muslimat NU. Nampak deretan emak-emak menghampirinya untuk sekadar bersalaman hingga meminta foto bersama. “Ini acara NU. Saya pasti mendukung,” ucap Khofifah singkat kepada awak media.

Untuk diketahui, dalam acara pembukaan tersebut juga digelar sarasehan dengan narasumber Mendag Zulkifli Hasan dan Menpan RB Abdullah Azwar Anas. Acara berlangsung dengan sangat meriah. Dengan dihadiri oleh jajaran PCNU seluruh Jatim.

AF

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *