Pemkab Nganjuk Ajak Lawan Praktik Pungutan Liar Yang Merugikan Masyarakat; Terutama Dalam Lingkungan Pendidikan.

Nganjuk | Update-newstv.com- Pemerintah Kabupaten Nganjuk mengadakan kegiatan sosialisasi yang bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada lembaga pendidikan tentang Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar. Kegiatan ini berlangsung di Pendopo KRT Sosro Koesoemo Kabupaten Nganjuk pada, Senin, 30 Mei 2023 siang.

Turut hadir dalam sosialisasi tersebut, Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, Kepala Inspektorat Daerah Kabupaten Nganjuk Mokhamad Yasin, Kepala Pendidikan Kabupaten Nganjuk Sopingi, Jajaran Forkopimda Kabupaten Nganjuk, serta Kepala Sekolah dan Guru se-Kabupaten Nganjuk.

Sosialisasi ini merupakan langkah yang diambil oleh pemerintah daerah untuk melawan praktik pungutan liar yang merugikan masyarakat, terutama dalam lingkungan pendidikan. Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 memberikan dasar hukum yang kuat dalam upaya pencegahan dan penindakan terhadap praktik pungutan liar.

Kepala Inspektorat Daerah Kabupaten Nganjuk, Mokhamad Yasin, beliau menjelaskan, Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2016 sangat penting untuk diterapkan di lingkungan pendidikan.

“Praktik pungutan liar merugikan para siswa dan masyarakat secara keseluruhan, serta dapat merusak integritas lembaga pendidikan. Melalui sosialisasi ini, kami berharap para lembaga pendidikan di Kabupaten Nganjuk dapat memahami betapa pentingnya menjaga integritas dan mencegah praktik pungutan liar.”, tuturnya.

Mokhamad Yasin juga menjelaskan tugas dari Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar.

“Satuan Tugas ini akan bertanggung jawab dalam mengawasi dan menindak tegas pelaku praktik pungutan liar di lingkungan pendidikan. Kami juga akan melakukan pengawasan internal di lembaga pendidikan dan memperkuat sistem pengaduan masyarakat agar dapat memberantas korupsi secara efektif.”, ungkapnya.

Dalam kegiatan sosialisasi tersebut, para peserta, terutama kepala lembaga pendidikan, diajak untuk memahami peraturan ini secara mendalam.

Mereka diberikan pemahaman tentang jenis pungutan liar yang harus dihindari, konsekuensi hukum bagi pelaku pungutan liar, serta langkah-langkah pencegahan yang dapat dilakukan dalam lingkungan pendidikan.

 

 

(Esamadha)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *